div>

Monday, July 21, 2014

◆ HARI ESOK HARUS LEBIH BAIK

(Menyambut tahun ajaran baru 2014/2015)

Oleh : Idha Nurhayati,S.Pd.

Tahun ajaran baru 2014/2015 akan segera tiba; seragam baru, buku baru, teman baru dan yang jauh lebih penting adalah semangat baru yang akan membawa segalanya berubah menjadi lebih baik.
Seiring perjalanan waktu, tentunya harus slalu ada perubahan, baik perubahan secara psikis maupun perubahan kemampuan secara nyata. Perubahan psikis yang dimaksud adalah kesiapan mental untuk mengikuti pembelajaran  dan menyadari sepenuhnya bahwa belajar adalah sebuah kebutuhan untuk diri dan masa depan. Sedangkan perubahan kemampuan yang dimaksud adalah berbenah terhadap tekad, pola belajar untuk meraih prestasi yang lebih baik.
Sesungguhnya untuk menjadi “Pandai” atau “ tidak pandai” adalah sebuah pilihan “ya” atau “tidak”  artinya faktor terpenting yang menjadikan seorang siswa sukses dan berhasil adalah “diri sendiri”, orang tua, guru, sekolah dan lain-lain adalah faktor pendukung.  Dengan tekad yang kuat, dengan usaha/belajar yang gigih, bukan mustahil seseorang yang kemarin biasa-biasa saja, berubah menjadi siswa dengan prestasi yang luar biasa.
Berdasarkan pengalaman saya setelah mengajar selama 24 tahun, berikut adalah kesalahan-kesalahan siswa yang menyebabkan prestasi mereka terpuruk :
1. Malas membaca/belajar
2. Menyukai hal-hal yang bersifat instan ( hanya mengerjakan soal tanpa pernah belajar)
3. Dijajah oleh teknologi; media social, sms, game hingga kecanduan/tak bisa lepas semenitpun.
4. Kurang menyukai tantangan, mudah putus asa, tidak percaya diri dan tidak mandiri.
5. Mengikuti les tambahan pelajaran dimana-mana, tetapi tidak pernah belajar dirumah. Forum les hanya dijadikan sebuah alasan bahwa mereka sudah belajar.
Jangan mengulang kesalahan untuk kedua kalinya, untuk itu bagi kalian yang telah terjebak dengan kesalahan-kesalahan tersebut, berjanjilah pada diri sendiri, pada tahun ajaran baru ini, akan menjauhi hal-hal yang sudah jelas salah tersebut dan berusaha menjadi yang lebih baik. Jika ada kemauan pasti ada jalan. Berikut ini adalah beberapa tips belajar yang efektif dan efisien :
1. Berdoa dan tetapkan niat dari hati yang paling dalam.
2. Belajar secara rutin dan tekun
3. Buat ringkasan/inti pelajaran
4. Mengerti, bukan menghafal
5. Kerjakan/berlatih soal-tugas, sendiri hingga bisa tanpa putus asa.
6. Belajar tidak terlalu lama tapi sering
7. Memperluas referensi; dari buku, internet dll
8. Jangan malu bertanya kepada guru atau teman jika ada kesulitan
Belajar akan menjadi suatu hal yang menyenangkan jika dilakukan dengan penuh keikhlasan dan kesadaran. Selamat belajar…semoga sukses dan berhasil…amien !

7 comments:

  1. Benar apa yang ibu katakan....Insyaallah bu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat belajar nak...masa depan cerah menantimu....

      Delete
  2. SETUJU BANGETTTT,
    Orang sukses memang harus melewati tahapan tahapan sehingga digapai kesuksesan.
    Tidak ada orang sukses tanpa perjuangan serta doa.
    Selamat berkarya untuk kemaslahatan umat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimkasih comment & support nya.....
      Allah takkan membiarkan orang-orang yang mau berusaha...

      Delete
  3. Terimaksih nasehatnya bu.....

    ReplyDelete
  4. I couldn't agree more.
    Sesungguhnya siswa jaman dulu dengan sekarang terasa sekali perbedaannya. Apalagi sekarang canggihnya tehnologi justru memperburuk mentalitas siswa. Yang mereka inginkan adalah sukses cara instan. Dan sudah jadi tugas guru untuk mengarahkan dan membimbing mereka ke arah yang lebih baik. Suatu tantangan yang berat tapi bukan suatu hal yang mustahil. Bersama kita bisa.
    Saya dulu salah seorang siswa yang suka membaca dan jarang menghafal. membaca berulang kali lebih 'nyenthel' ketimbang menghafalkan. dan suka juga mengerjakan soal-soal latihan. Semoga siswa-siswa kita semakin termotivasi dan berubah menjadi lebih baik dengan adanya post ini.
    Keep up the good work, mom!

    ReplyDelete
  5. satu lagi, kalo mengawasi ujian jangan dipelototin terus muridnya.. kasihan

    ReplyDelete