div>

Thursday, January 26, 2023

SIFAT PERIODIK UNSUR


Sifat-sifat periodik unsur diantaranya :

 Jari – jari atom adalah jarak antara inti atom hingga kulit terluarnya.

●  Energi Ionisasi (EI) adalah energi minimal yg dibutuhkan untuk melepaskan satu elektron pada atom netral dalam wujud gas. contoh :

Ca mempunyai energi ionisasi pertama, (EI 1) = 590 kJ / mol : artinya untuk melepaskan 1 mol elektron (gas) pada kulit terluar dibutuhkan energi sebesar 590 kj

Ca (g) + 590 kJ Ca +(g) + e

Sementara itu, energi ionisasi kedua (EI 2) adalah jumlah energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron kedua dari yang terluar.

Ca+ (g) + 1145 kJ Ca 2+ (g) + e

EI 2 selalu lebih besar dari EI1 karena lebih sulit untuk melepaskan elektron dari ion bermuatan positif. jadi : EI1 < EI2 < EI3

●  Afinitas Elektron adalah energi yang dilepaskan sebuah atom untuk menarik sebuah elektron. Contoh :

Cl (g) + 1e - → Cl -(g) ( – 349 kJ )

Ketika 1 mol atom klorin menangkap 1 mol elektron membentuk 1 mol ion klorin, akan dilepaskan energi sebesar 349 kJ.

Jadi, harga afinitas elektron untuk klorin adalah sebesar – 349 kJ/mol. Sementara itu, unsur yang mempunyai afinitas elektron bertanda negatif mempunyai kecenderungan lebih besar menangkap elektron daripada unsur yang afinitas elektronnya bertanda positif. Yang mana, semakin negatif nilai afinitas elektron, berarti makin besar kecenderungan menangkap elektron.

●  Keelektronegatifan adalah kemampuan suatu atom untuk menarik elektron ke dalam ikatannya ketika atom-atom tersebut membentuk ikatan.
Keelektronegatifan diukur dengan menggunakan skala Pauling yang besarnya antara 0,7 sampai 4. Unsur yang mempunyai harga keelektronegatifan besar, cenderung menerima elektron, membentuk ion negatif. Sedangkan, unsur yang mempunyai harga keelektronegatifan kecil, cenderung melepaskan elektron, membentuk ion positif.


LATIHAN SOAL :

1. Pada umumnya energi ionisasi tingkat pertama (EI 1) lebih kecil dari pada energi ionisasi tingkat kedua (EI 2), ketiga (EI 3) dan seterusnya. Jelaskan mengapa demikian ?

2. Diketahui beberapa unsur berikut ini : 32Ge, 33As, 34Se, 35Br, 36Kr . Manakah unsur yang memiliki jari-jari atom paling kecil ?

3. Jika jari-jari atom unsur 3Li, 4Be, 5B, 11Na, dan 19K secara acak (tidak berurutan) dalam satuan Angstrom adalah : 2,01, 1,57, 1,23, 0,80 dan 0,89, tentukanlah jari-jari atom Li ?

4. Energi ionisasi golongan gas mulia secara acak adalah : 10Ne 18Ar, 36Kr, 54Xe, 86 Rn adalah 2080 kJ/mol, 1520 kJ/mol, 1170 kJ/mol, 1350 kJ/mol dan 2372 kJ/mol. Berdasarkan data tersebut, tentukan harga energi ionisasi unsur Kr ?

5. Unsur P, Q, R dan S terletak pada satu golongan. Nomor atom unsur tersebut secara berturut turut adalah 3, 11, 19 dan 37. Berdasarkan nomor atom tersebut, Jelaskan hubungan antara nomor atom dengan energi ionisasinya ? Buatlah grafiknya !

6. Tentukan periode dan golongan dari 19K; 15L; 9M, 25 N,  kemudian urutkan atom-atom tersebut menurut : kenaikan jari-jari atomnya;  kenaikan potensial ionisasinya; kenaikan afinitas elektronnya dan kenaikan keelektronegatifannya !

7. Diketahui nomor atom sebagai berikut : 20 A; 13 B; 29 C, 7 D, 9 E. Tentukan :

a.  Urutan jari-jari atom terkecil hingga terbesar

b.  Urutan Energi ionnisasi terkecil hingga terbesar

c.  Urutan Afinitas elektron terkecil hingga terbesar

d.  Urutan Keelektronegatifan terkecil hingga terbesar

e.  Urutan Kelogaman terkecil hingga terbesar

8.  Unsur A, B, dan C merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam satu golongan. Jika energi ionisasi unsur-unsur tersebut berturut-turut 419, 403, dan 496. Tentukan urutan unsur tersebut dari atas ke bawah ?

9.  Unsur P, Q, R, S dan T adalah unsur-unsur yang terletak dalam satu golongan. Q adalah unsur dengan nomor atom tertinggi dan T adalah unsur yang paling elektronegatif. Jari-jari S lebih kecil dari jari-jari P. Sedangkan energi ionisasi R lebih besar dari P dan S. Tentukan urutan unsur-unsur tersebut dalam satu golongan ?

10.  Unsur X, Y dan Z terletak dalam satu perioda. Sedangkan X, M dan N terletak pada golongan yang sama. Unsur dengan jari-jari terkecil adalah Y dan yang terbesar adalah N. Keelektronegatifan M lebih kecil dari X. Sedangkan afinitas Z lebih besar daripada X. Tentukan urutan unsur dalam satu perioda dan golongan ?

11.  Unsur A, B, C, dan D adalah unsur-unsur yang terletak dalam satu perioda. Diantara unsur-unsur tersebut, B memiliki afinitas elektron terkecil dan C adalah yang terbesar. Jari-jari atom A lebih kecil dari B dan energi ionisasi D lebih rendah dibandingkan C tetapi lebih tinggi daripada B. Maka, Tentukan urutan unsur tersebut ?

No comments:

Post a Comment