A. MATERI
YANG DI UJIKAN
KELAS |
MATERI |
X |
Teori model atom, struktur atom, sistem
dan sifat periodik unsur, persamaan
reaksi kimia, hukum dasar kimia |
XI |
Stoikiometri, ikatan kimia, geometri
molekul, gaya antar molekul, thermokimia, Hidrokarbon, Laju reaksi, kesetimbangan kimia, kesetimbangan
larutan, pH asam-basa, hidrolisis, larutan penyangga, titrasi dan koloid; |
XII |
Konsentrasi larutan, Sifat koligatif larutan, Elektrokimia. |
B. KISI – KISI TKA KIMIA
NO. |
ELEMEN/
MATERI |
SUB-ELEMEN/
SUBMATERI |
KOMPETENSI |
BATASAN/CATATAN |
1 |
Kimia Dasar |
Struktur Atom dan Ikatan Kimia |
Mengidentifikasi konfigurasi elektron, kulit atom,dan elektron valensi suatu atom golongan utama dan menerapkan- nya dalam penentuan kestabilan elektron. |
Mencakup konsep konfigurasi elektron, kulit atom, dan elektron valensi suatu atom dari golongan utama geometri molekul, ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, ikatan logam dan gaya antar
molekul. |
Menganalisis jenis ikatan kimia serta kaitannya dengan sifat fisik zat. |
||||
Menganalisis bentuk dan kepolaran molekul berdasarkan teori Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain elektron. |
||||
Menganalisis hubungan jenis interaksi yang terjadi antar molekul dengan sifat
fisika suatu zat. |
||||
Stoikiometri |
Menerapkan perhitungan kimia untuk menyelesaikan masalah. |
Mencakup konsep
mol, hukum perbandingan tetap (Hk. Proust), hukum perbandingan berganda (Hk Proust),Hk. Avogadro, Hukum
Gas, Hukum Kekekalan Massa, perhitungan kimia mencakup
penentuan rumus kimia (empiris
dan molekul), massa molar senyawa, penentuan kadar zat, penyetaraan, penentuan pereaksi pembatas, dan penentuan rendemen. |
||
2. |
Kimia Organik |
Struktur dan Sifat
Hidrokarbon |
Menganalisis
sifat fisik dan kimia senyawa organik berdasarkan strukturnya serta mampu mendeskripsikan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. |
Mencakup senyawa organik hidrokarbon (alkana, alkena, dan
alkuna) |
3 |
Kimia Analitik |
Larutan dan
sifatnya |
Menganalisis penerapan konsep konsentrasi dan
daya hantar listrik larutan. |
Mencakup hanya pada larutan dalam air dan konsentrasi larutan dalam Satuan molar,normal,molal, fraksi mol, dan persen, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, penurunan tekanan uap jenuh
pelarut murni, dan tekanan osmosis pada larutan |
Menganalisis sifat larutan berdasarkan teori dan konsep asam basa. |
||||
Menganalisis parameter sifat
koligatif larutan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. |
||||
Kesetimbangan dalam larutan berair |
Menganalisis pH larutan berdasarkan sifat
asam dan basa. |
Dalam konteks
jika asam kuat, asam lemah, basa kuat, dan basa lemah dilarutkan dalam
air, serta senyawa garam dan hidroksida sukar larut dalam air. |
||
Menganalisis konsep, sifat dan pH larutan penyangga serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. |
||||
Menganalisis konsep hidrolisis dan pH larutan senyawa garam. |
||||
Menerapkan
konsep titrasi asam basa untuk menyelesaikan masalah. |
||||
Menganalisis
reaksi kesetimbangan
senyawa yang sukar larut dalam air serta penerapannya dalam
menyelesaikan masalah. |
||||
4 |
Kimia Fisik |
Elektrokimia |
Menganalisis komponen redoks dalam suatu
reaksi kimia. |
Mencakup konsep
reduksi dan Oksidasi serta penerapannya dalam Selelektrokimia. |
Menganalisis sel
elektro kimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. |
||||
Energetika |
Menerapkan
konsep energetika dalam suatu reaksi kimia untuk menyelesaikan masalah. |
Mencakup kalorimetri, hukum Hess, serta perhitungan yang melibatkan data entalpi reaksi standar dan energi disosiasi ikatan. |
||
Dinamika |
Menganalisis
konsep laju dalam suatu
reaksi serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya. |
|||
Menganalisis kesetimbangan dinamis
serta berbagai faktor yang mempengaruhinya. |
||||
Menganalisis
konsep/proses kimia yang
berkaitan dengan reaksi kesetimbangan. |
C. CONTOH SOAL TKA KIMIA
No. Soal |
1 |
Elemen/Materi |
Kimia Dasar |
Sub-elemen/Submateri |
Stoikiometri |
Kompetensi |
Menerapkan perhitungan kimia untuk
menyelesaikan masalah |
Level Kognitif |
Penalaran |
Bentuk Soal |
PGK Kategori |
SOAL 1
Seorang murid akan melakukan eksperimen untuk menghasilkan 1,435 gram AgCl dari larutan AgNO3 dan NaCl melalui reaksi kimia berikut :
AgNO3(aq) + NaCl(aq) → AgCl(s) + NaNO3(aq)
Terdapat empat botol zat yang
berisi dua jenis reaktan dengan dua variasi konsentrasi berbeda untuk
masing-masing reaktan.
Murid tersebut melakukan
perhitungan untuk menentukan larutan dari botol mana yang akan digunakan dan
menentukan jumlah larutannya untuk menghasilkan jumlah zat yang diinginkan.
Komposisi mana saja yang dapat menghasilkan tepat 1,435 gram padatan AgCl? Tentukan Tepat atau Tidak Tepat pada pilihan komposisi berikut ! (Ar Ag = 108; Ar N = 14; Ar O = 16; Ar Na = 23; Ar N = 14; Ar Cl = 35,5)
Komposisi Reaktan |
Tepat |
Tidak Tepat |
5 mL larutan
dari Botol A + 5 mL
larutan dari Botol C |
|
|
10 mL larutan dari
Botol A + 5 mL larutan dari Botol D |
|
|
10 mL larutan dari Botol B + 10 mL
larutan dari Botol D |
|
|
KUNCI JAWABAN : Tidak Tepat, Tepat, Tidak Tepat
No. Soal |
2 |
Elemen/Materi |
Kimia Dasar |
Sub-elemen/Submateri |
Stoikiometri |
Kompetensi |
Menerapkan perhitungan kimia untuk
menyelesaikan masalah |
Level Kognitif |
Penalaran |
Bentuk Soal |
Pilihan Ganda |
SOAL 2
Sekelompok peneliti kimia lingkungan sedang meneliti kandungan bahan organik dalam limbah cair industri makanan. Mereka berhasil memurnikan satu senyawa organik utama, yang diketahui hanya tersusun atas unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Dari hasil uji laboratorium, senyawa tersebut memiliki komposisi massa sebagai berikut:
•
40% karbon
•
6,7% hidrogen
• sisanya adalah oksigen
Melalui spektrometri massa, diketahui bahwa Mr senyawa tersebut adalah 180 g/mol. Mereka menyimpulkan : rumus empiris dan rumus molekul senyawa itu adalah CH₂O.
Apakah kesimpulan tersebut benar? (Ar C=12; H=1; dan O=16)
A. Benar, karena CH₂O adalah rumus empiris
dan sesuai dengan rumus molekulnya.
B. Benar, karena rumus molekul harus sama
dengan rumus empiris.
C. Salah, karena rasio mol tidak sesuai dengan komposisi yang diberikan.
D. Salah, karena massa molar menunjukkan bahwa rumus molekulnya adalah
C₆H₁₂O₆.
E. Salah, karena rumus empiris adalah CH₂O tetapi rumus molekulnya
adalah C4H8O4.
KUNCI JAWABAN : D
No. Soal |
3 |
Elemen/Materi |
Kimia Analitik |
Sub-elemen/Submateri |
Larutan dan Sifatnya |
Kompetensi |
Menganalisis sifat
larutan berdasarkan teori
dan konsep asam basa |
Level Kognitif |
Pemahaman |
Bentuk Soal |
Pilihan Ganda |
SOAL 3
Suatu reaksi asam basa dapat didasarkan pada beberapa teori, yaitu teori asam basa Arrhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis.
Perhatikan reaksi di bawah ini. H2PO4- + H2O → HPO4-2 + H3O+
Berdasarkan reaksi tersebut, pernyataan yang benar mengenai reaksi asam basa berdasarkan teori Bronsted-Lowry adalah ….
A. H2O menerima ion hidrogen dari H2PO4- dan bersifat asam
B. H3O+ memberikan ion hidrogen kepada H2O dan bersifat
asam
C. H2PO4- memberikan ion hidrogen
kepada H2O dan bersifat
asam
D. H2PO4- memberikan ion hidrogen kepada H2O dan bersifat
basa
E. H2PO4- memberikan ion hidrogen kepada HPO42- dan bersifat
asam
KUNCI JAWABAN : C
No. Soal |
4 |
Elemen/Materi |
Kimia Organik |
Sub-elemen/Submateri |
Struktur dan Sifat
Hidrokarbon |
Kompetensi |
Menganalisis sifat fisik dan kimia senyawaorganik berdasarkan strukturnya serta mampu mendeskripsikan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari |
Level Kognitif |
Penalaran |
Bentuk Soal |
PGK Kategori |
Pernyataan |
Tepat |
Tidak Tepat |
Titik didih n-butana lebih
besar dari titik didih 2-metil-propana. |
|
|
Titik didih 2,2-dimetil-propana
lebih besar dari titik didih
2-metil- butana. |
|
|
Titik didih n-heksana lebih besar dari titik didih 3-metil-pentana. |
|
|
KUNCI JAWABAN : Tepat, Tidak Tepat, Tepat
No. Soal |
5 |
Elemen/Materi |
Kimia Fisik |
Sub-elemen/Submateri |
Dinamika |
Kompetensi |
Menganalisis kesetimbangan dinamis serta berbagai faktor yang Mempengaruhi nya |
Level Kognitif |
Penerapan |
Bentuk Soal |
PGK MCMA |
Produksi H2SO4 dilakukan melalui proses kontak yang berlangsung melalui reaksi kesetimbangan berikut. : 2SO2(g) + O2(g) ⇋ 2SO3(g)-----∆H = –197 kJmol-1
1) Memperbesar volume wadah
2) Menambah O2 ke dalam campuran reaksi
3) Menurunkan tekanan gas
4) Menurunkan suhu reaksi
5) Mengeluarkan SO3 dari wadah
KUNCI JAWABAN : Pernyataan 2, Pernyataan 4, dan Pernyataan 5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar